MANAJEMEN SUMBER DAYA DAYA ALAM
Manajemen SDM didefinisikan sebagai suatu strategi dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu Planning,organizing,leading & controlling.
Analisis jabatan/job analysis merupakan suatu proses yang sistematis untuk mengetahui mengenai isi dari suatu jabatan (job content) yang meliputi tugas-tugas,pekerjaan-pekerjaan,tangung jawab,kewenangan,dan kondisi kerja
Tujuan Analisis Jabatan adalah sebagai berikut:
1. Spesifikasi karyawan,yaitu dengan analisis jabatan maka dapat dimiliki syarat-syarat kepegawaian dan juga dapat diberikan pengertian mengenai tugas yang terkandung dalam suatu jabatan.
2. Kebutuhan pelatihan,yaitu tujuan dilakukannya analisis jabatan adalah untuk keperluan penyelenggaraan pelatihan.
3. Penentuan peringkat,yaitu dengan analisis jabatan,sehingga dapat dinilai dan dibandingkan antara jabatan yang satu dengan jabatan lainnya dan akhirnya dapat disusun peringkat jabatan dalam organisasi.
Pengertian rekruitmen karyawan
Para ahli manajemen sumber daya manusia memberikan berbagai macam definisi/pengertianmengenai rekruitmen,yaitu sebagai berikut:
· Proses menarik orang-orang atau pelamar yang mempunyai minat dan kualifikasi yang tepat untuk mengisis posisi atau jabatan tertentu.
· Proses mencari dan mendorong calon karyawan untuk melamar pekerjaan dalam organisasi
· Proses yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk mendapatkan tambahan karyawan
Proses rekruitmen karyawan
Melalui perencanaan sumber daya manusia dapat diketahui kesenjangan antara kebutuhan atau permintaan karyawan dengan ketersediaan karyawan baik dari segi jumlah maupun mutu atau kualifikasi.Sebelum memutuskan untuk melakukan rekruitmen,organisasi perlu mempertimbangkan sejumlah alternatif seperti disebutkan di atas,misalnya meminta karyawan yang ada untuk bekerja lebih lama dari waktu kerja normal
Pengertian seleksi karyawan
Seleksi adalah proses identifikasi dan pemilihan orang-orang dari sekelompok pelamar yang paling cocok atau yang paling cocok atau yang paling memenuhi syarat untuk menduduki suatu jabatan atau posisi tertentu.
Proses seleksi karayawan
Di dalam proses seleksi dikenal dua system yaitu system gugur dan system kompensatori.Pada system yang pertama,seorang peserta mengikuti tahap seleksi stu demi satu secara bertahap.Jika tidak lulus pada satu tahap,maka peserta dinyatakan gugur.Pada system kompensatori,peserta mengikuti seluruh tahap seleksi atau seluruh tes yang diberikan.Kelulusan peserta ditentukan dengan mengevaluasi nilai atau hasil dari seluruh tahap atau tes itu
MANAJEMEN PEMASARAN
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible) yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan
Yang termasuk “produk” :
· Barang-barang fisik (physical goods)
· Jasa
· Pengalaman (Experiences)
· Peristiwa (Events)
· Manusia (Persons)
· Tempat (Places)
· Properti (=> sifat, ciri, khasiat)
· Organisasi
· Informasi
· Ide/gagasan
Hirarki Produk
1. Need Family
Kebutuhan inti atau dasar yang membentuk product family. Contoh: rasa aman
2. Product Family
Seluruh kelas produk yang dapat memuaskan suatu kebutuhan inti/dasar dengan tingkat efektivitas yang memadai Contoh: tabungan dan penghasilan
3. Product ClasS
Sekumpulan produk di dalam product family yang dianggap memiliki hubungan fungsional tertentu. Contoh: instrumen financial
4. Product Line
Sekumpulan produk di dalam kelas produk yang berhubungan erat. Contoh: asuransi jiwa. Keeratan hubungan dipengaruhi oleh 4 faktor:
a. Fungsinya sama,
b. Dijual kepada kelompok konsumen yang sama,
c. Dipasarkan melalui sal. distribusi yang sama,
d. Harganya berada dalam skala yang sama.
Berdasarkan Wujud dan Daya Tahan Produk
1. Non-Durable Goods
• Barang yang habis dikonsumsi dalam sekali ataubeberapa kali pakai saja (umur ekonomis pemakaian kurang dari 1 tahun),
• Frekuensi pembelian sering terjadi.
• Contoh: sabun, makanan/minuman ringan, dll.
2. Durable Goods
• Barang yang bisa bertahan lama (umurekonomis/masa pemakaian lebih dari 1 tahun),
• Membutuhkan personal selling yang lebih banyak,
• Membutuhkan garansi tertentu
• Contoh: kulkas, televisi, mobil, dll.
3. Jasa
• Jasa merupakan aktivitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.
• Contoh: bengkel, bank, hotel, dll.
Definisi jasa:
Jasa adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secar a prinsip tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun
Jasa merupakan proses yang terdiri dari serangkaian aktivitas tak berwujud (intangible activities), dan biasanya berupa bentuk interaksi antara konsumen dan penyedia jasa (service provider) dengan tujuan memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi konsumen
MANAJEMEN KEUANGAN
Analisis laporan keuangan (analisis ratio)
- Pihak manajeman keuangan
Untuk mereview hasil keputusan keuangan
- Pihak investor (para pemegang saham)
Untuk melihat prospek provitabilitas atau kemampuan memperoleh laba
- Pihak kreditur
Pihak yang memberikan kredit
Tujuan-tujuan dari analisis keuangan
- Untuk melihat perubahan kondisi keuangan
- Untuk melihat kinerja keuangan perusahaan
Jenis jenis ratio
- Ratio liquiditas
- Ratio leverage atau ratio solvabilitas
- Rasio coverage
- Rasio aktivitas
- Rasio profitabilitas
1. Rasio liquiditas
Mengukur kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendek atau hutang lancar,semakin besar angka pada rasio ini maka perusahaan dapat memenuhi kewajiban kewajiban jangka pendek.
2. Rasio leverage
Mengukur seberapa besar perusahaan menggunakan hutang
3. Rasio coverage
Mengukur kemampuan perusahaan dalam menutup biaya-biaya menggunakan income statement yang berua alat dari rasio coverage ini
4. Rasio aktivitas
Mengukur seberapa efektif perusahaan memutarkan akivanya
0 komentar:
Posting Komentar